Skip links

Pemutaran Film "Qodrat"

10oktober13:3013:30 Binus University Alam SuteraProgramMadani IFF x Binus UniversityPemutaran Film "Qodrat"Diskusi dengan Sutradara

Detail

Kerasukan atau kesurupan merupakan hal yang dekat dengan kehidupan Muslim secara global. Biasanya, selain praktik perdukunan, ritual ruqyah digunakan untuk mengatasi hal ini.

Produksi film terkait kerasukan dan ruqyah ini juga marak di Indonesia. Sebut saja Ghibah (2021) dan Qodrat (2022). Dalam dunia global, banyak juga film sejenis seperti Munafik (Malaysia, 2016, 2018) dan serial Dabbe (Turki 2006, 2013, 2015).

Dalam agama lain, fenomena kerasukan dan pengusirannya juga sangat populer. Tradisi Kristen dan Katolik, misalnya, termasuk yang paling banyak memproduksi film bertema ini. Eksorsisme gereja sudah ada dalam film sejak The Exorcist (1973), The Exorcism of Emily Rose (2005), Deliver Us From Evil (2014), hingga The Pope’s Exorcist (2023).

Di Asia, khususnya Asia Tenggara, tentu soal kesurupan dan pengusiran setan ini sudah menjadi bagian dari folklor atau urban legend, dan tak hanya eksklusif dengan agama Islam, tapi juga agama dan kepercayaan lainnya. Beberapa judul yang bisa disebutkan, misalnya, The Wailing (2016) dan The Medium (2021).

Academic Series Prodi Film Binus University berkolaborasi dengan Madani International Film Festival untuk membahas fenomena ini secara virtual. Bagaimana dan mengapa film-film terkait kerasukan dan eksorsisme hadir, dan apa yang distingtif dari film-film Asia yang mayoritas Muslim ini dibandingkan dari negara lain? Jon Towlson (York dan Leeds University) akan mengkaji fenomena sinema Turki dan Iran dan semadani apa film-film tersebut, sedangkan Katarzyna Ancuta (Chulalongkorn University) akan mengkaji dari sisi Buddhisme dan Thailand. Diskusi ini akan dimoderatori oleh Ekky Imanjaya dari Binus University. Film-film yang akan diulas, di antaranya, adalah Huddam, Saccin dan Dabbe franchise, The Medium, dan Nang Nak.

Siang harinya akan diputar Qodrat (Charles Gozali, 2023) dengan dihadiri filmmaker-nya. Pemutaran akan dilakukan di Auditorium Lt 5, Binus University Alam Sutera, mulai 13.30 WIB.

Waktu

(Selasa) 13:30

Lokasi

Binus University Alam Sutera

Jl. Jalur Sutera Bar. No.Kav. 21, RT.001/RW.004, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143

Kami menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami. Oh ya, konten di situs ini masih terus kami perbarui untuk Anda!
Jelajah
Geser